Penjelasan Kata Kuning dalam KBBI

Terdapat lebih dari jutaan warna yang ada di dunia ini. Dari jutaan warna tersebut, tidak semua warna bisa dibedakan oleh mata manusia. Kita cenderung menggangap sebuah warna sama dengan warna utama meskipun nyatanya warna tersebut tidak. Perbedaannya memang tipis, sehingga sulit dan jarang dibedakan oleh mata manusia. Warna membuat kita merasa lebih nyaman dalam memandang, dibandingkan hitam atau putih saja. Kita sehari-hari sering menjumpai berbagai macam warna, namun warna utama yang paling sering kita lihat biasanya yaitu warna merah, warna biru, warna hijau, dan warna kuning.

Warna kuning memang warna yang sering kita jumpai sehari-hari. Kita sering melihat warna kuning pada logo berbagai restoran cepat saji. Biasanya tidak hanya warna kuning, tetapi pada logo restoran cepat saji juga terdapat warna merah. Kedua warna ini ternyata dapat menarik perhatian dan juga meningkatkan dan mempengaruhi nafsu makan. Oleh sebab itu banyak restoran cepat saji yang menggunakan warna kuning dan merah pada logo restoran mereka, karena hal ini merupakan salah satu strategi untuk menarik konsumen.

Kuning juga merupakan salah satu warna yang mencolok di mata. Sama seperti warna lainnya, warna kuning juga sering diartikan dan disimbolkan atau juga dikatikan dengan kepribadian seseorang. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘kuning’ memiliki dua makna, yaitu kuning sebagai kata benda dan kuning sebagai kata sifat atau adjektiva. Sebagai kata benda, kuning memiliki arti warna yang serupa dengan warna kunyit atau emas murni. Sedangkan sebagai kata sifat atau adjektiva, kuning berarti mengandung atau memperlihatkan warna yang serupa dengan kuning.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘kuning’ juga memiliki turunan kata, seperti kekuning-kuningan yang berarti agak kuning, kekuningan yang berarti agak kuning atau terlalu kuning, menguning yang berarti menjadi kuning seperti padi yang sudah mulai masak, menguningkan yang berarti menjadikan kuning, dan penguningan yang berarti proses atau cara atau perbuatan menguningkan sesuatu. Kata ‘kuning’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) juga dapat digabung dengan kata lain sehingga membentuk makna yang baru, seperti kuning emas yang berarti kuning seperti warna emas, kuning gading yang berarti kuning muda seperti warna gading, kuning langsat yang berarti putih kekuning-kuningan dan bersih (terutama tentang kulit seseorang), serta kuning telur yang merupakan bagian telur berbentuk bulat dan berwarna kuning yang terletak pada bagian tengah telur.

Kata ‘kuning’ juga terdapat dalam sebuah peribahasa yang berbunyi ‘kuning oleh kunyit, hitam oleh arang’. Peribahasa tersebut mempunyai makna mudah dihasut atau dipuji. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia juga terdapat kata ‘kuningan’ yang merupakan campuran logam terdiri atas tembaga dan seng, biasanya berwarna agak kekuningan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *