Menciptakan Keamanan dan Kenyamanan Sistem Bank Dengan Technoaiti

Bank yang menerapkan technoaiti yang mutakhir akan menempatkan dirinya pada posisi terdepan diantara bank lainnya. Layanan yang didukung dengan teknologi mutakhir akan memberikan pelayanan prima terhadap konsumen. Technoaiti saat ini sudah bergeser dari webbase kearah aplikasi mobile yang mudah dan murah. Setiap orang memiliki smartphone dan tentunya akan sangat mudah menggunakan aplikasi perbankan yang biasa digunakan oleh nasabah.

Kemanan dalam bertransaksi semakin bisa dikontrol oleh nasabah sendiri dan bank. Nasabah dapat mengontrol secara ketat rekeningnya karena hampir 24 jam smartphone berada dalam genggamanya sehingga orang lain akan sulit untuk masuk ke aplikasi dan merubah data-datanya. Berbeda saat membuka rekening dari website, dimana website yang dibuka tidak hanya dengan menggunakan laptop pribadi saja bisa jadi dengan mengunakan computer kantor. Ini berisiko browser tersebut masih menyimpan data-data sebelumnya sehingga mudah diakses oleh orang lain.

Maka sebaiknya nasabah berhati-hati ketika membuka website rekening bank miliknya, hindarilah peggunaan computer umum untuk membukanya. Akseslah website dengan computer pribadi dan dianjurkan untuk membersihkan cookies yang biasanya tersimpan di browser. Lebih aman gunakan laptop pribadi dengan password sebelum membuka windows atau browser yang digunakan. Buatlah akun pribadi saat menggunakan chrome untuk kebutuhan-kebutuhan khusus seperti buka rekening, email pribadi, dan lainnya.

Jika menggunakan aplikasi smartphone sebaiknya pasang password untuk membuka smartphone tersebut. Dengan begitu keamanan pada aplikasi akan bertingkat, dari buka handphone , buka aplikasi, dan saat transaksi.
Kebiasaan menaati prosedur keamanan bagi nasabah mutlak harus diperhatikan, resiko yang timbul jika tidak sesuai prosedur maka akan banyak membuat lubang keamanan mudah ditembus oleh seseorang. Mungkin seseorang terbut bukan seorang yang ahli hacking, dia dapat menggunakan aplikasi bank di handphone nasabah karena ketelodaran pemiliknya sendiri.

Keamanan sistem merupakan satu hal yang sangat diperhatikan oleh penggunanya, namun disisi lain prosedur keamanan semakin ketat akan mengurangi kenyamanan penggunanya. Pengguna akan terasa terlalu ribet dan bertele-tele sehingga kecepatan dan kenyamanan dalam menggunakan sistem menjadi tereduksi. Keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan.
Technoaiti mutakhir akan mampu menyajikan keamanan yang tinggi berbanding lurus dengan kenyamaman dan kecepatan, tetapi mungkinkan hal itu dapat terjadi ? Dibutuhkan rekayasa-rekayasa dan otomatisasi-otomatisasi elemen sistem bahkan mungkin dengan memotong rantai proses yang terdapat pada sistem tersebut.


Perbankan merupakan bisnis yang selalu mengikut perkembangan jaman, atau merekayasa prosesnya sesuai dengan perkembangan teknologi modern. Nasabah bank akan mengikuti setiap perubahan yang diterapkan oleh bank dalam rangka peningkatan kualitas layanan yang diberikan kepada konsumennya.

Kedepannya dua kepentingan tersebut (keamanan dan kenyamanan) dapat terealisasi dengan sebenarnya pada sistem pelayanan perbankan di Indonesia melalui technoaiti mutakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *