Kenali Tipe Lantai Kayu di Batam

Lantai kayu di Batam merupakan material yang sering digunakan sebagai reperesentasi kekayaan alam Indonesia. Hal tersebut menyebabkan lantai kayu atau yang biasa dikenal dengan nama lain parket menjadi tren dalam bisnis furniture dan dunia arstitektur. Begitu banyak ragam jenis dan pengaplikasian parket, ada yang menggunakannya untuk indoor floooring, tangga, maupun decking.
Parket merupakan kumpulan dari kepingan kayu yang biasanya berasal dari kayu asli ataupun kayu yang sudah di press sedemikian rupa sehingga nantinya kayu-kayu tersebut dpat diterapkan di atas lantai, baik lantai dalam ruangan maupun luar ruangan. Parket ini tak hanya sebagai elemen penting untuk dijadikan lantai pada rumah dan berbagai keperluan lainnya, namun juga sebagai unsur dekoratif untuk menghias berbagai ruangan di berbagai tempat.

Terdapat beberapa tipe lantai parket, yakni parket solid dan parket enginereed. Letak perbedaan dari kedua tipe parket ini terdapat pada bahan bakunya. Parket solid terbuat dari kayu yang 100% merupakan kayu asli atau original. Adapun kayu yang biasanya digunakan sebagai bahan baku parket solid ialah kayu sonokeling, kayu merbau, kayu jati, kayu bangkirai, dan kayu ulin.

Parket solid ini kembali terbagi menjadi dua jenis, yakni parket solid FJ dan parket solid FJL. Parket solid FJ menggunakan satu kayu untuh untuk setiap satu modulnya tanpa sambungan lain yang biasanya dipasang secra berjajar ke arah horizontal. Sedangkan parket FJL adalah jenis parket solid yang dalam penerapannya menggunakan beberapa kayu yang disambungkan menjadi satu untuk setiap modulnya yang mengarah secara vertikal. Adapun perbandingan harga antara solid Fj dan FJL adalah 1:2, harga yang bisa dibilang cukup signifikan.

Tipe parket berikutnya ialah tipe parket enginereed. Berbeda dengan parket solid yang terbiat dari 100% kayu asli, parket enginereed memiliki lapisan tipis (veneer) pada lapisannya yang pertama, sedangkan di lapisan berikutnya terdapat lapisan multipleks atau polywood sebagai penguatnya. harga kayu di batam yang biasa digunakan untuk tipe parket yang satu ini ialah kayu jenis jati, whte-oak, shole nut, dan sonokeling.

Dilihat dari cara memasangkan kedua tipe parket ini, terdapat dua jenis pemasangan lantai parlet pada flooring. Kedua jenis pemasangan tersebut ialah dengan cara lem (glue down) dan polywood (nail down). Jika menggunakan cara pertama, bantak acian harus diberi cairan primer yang bertujuan untuk melembabkan apabila permukaannya basah. Setelah itu gunakanlem sikabond untuk menempelkan parket kayu ke bantal acian.

Cara berikutnya yakni dengan cara dipasang langsung di atas polywood menggunakan paku tembak. Perbedaannya dengan cara pertama terletak pada cairan primer, apabila pada cara pertama harus ditambhakan cairan primer untuk kelembaban, maka cara kedua tidak memerlukan cairan primer tersebut karena sudah menggunakan paku tembak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *